5 Model Kebaya Asli Indonesia dan Tip Memilih Sesuai Bentuk Tubuh

Kala membahas potongan atau model kebaya, Anda mungkin bakal memikirkan blus lengan panjang dengan terusan kain batik, songket, atau kain tradisional lainnya. Bukan cuma itu, kebaya masa kini dapat dipadu-padankan dengan desain lebih modern. Hal ini pula yang membuatnya model kebaya modern semakin sering dijumpai di butik hingga mal. Namun tidak sedikit juga wanita sulit untuk memilih Kebaya Sesuai Bentuk Tubuh.

Namun, sebelum Anda membeli atau mengajukan konsep pakaian yang ingin dijahit, ketahui dulu jenis-jenis kebaya yang sudah lama dikenakan perempuan Indonesia. Ini agar tempahan tidak melampaui ukuran yang ditentukan pada saat tempah kebaya nanti.

Jenis Kebaya Perempuan Indonesia

  1. Kebaya Jawa

Dibandingkan jenis kebaya lainnya, kebaya Jawa adalah yang paling populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Sebagian besar model kebaya ini terbikin dari kain transparan dengan motif sederhana. Kebaya Jawa yang memiliki ciri khas berupa kerah berbentuk V kerap dikombinasikan dengan brokat untuk menyemarakkan desainnya.

  1. Kebaya Bali

Anda yang sudah pernah ke Bali pasti sering menjumpai warga lokal yang mengenakan jenis kebaya ini. Kebaya Bali biasanya menggunakan obi yang dililitkan di pinggang dengan aksesori seperti bros untuk mempercantik penampilan. Bahan yang dipakai untuk kebaya Bali umumnya kain katun serta bisa dirancang menjadi kebaya brokat modern.

  1. Kebaya encim

Berbeda dari kebaya-kebaya sebelumnya, kebaya encim merupakan hasil perpaduan budaya antara pakaian shanghai asal Tiongkok dengan kebaya khas Melayu. Kerah berbentuk V pada jenis kebaya ini umumnya dibordir hingga ke bagian bawah. Sementara bahan untuk model kebaya ini didominasi katun, terapi ada juga kebaya encim yang dibuat dari organdi.

  1. Kebaya kutu baru

Sekilas, kebaya kutu baru tampak tak jauh berbeda dari kebaya Jawa. Namun, jenis kebaya ini punya tambahan kain di bagian tengah yang menghubungkan sisi kanan dan kiri pada bagian dada sampai ke perut. Kesan elegan kebaya kutu baru membuatnya digemari perempuan muda yang butuh model kebaya simple modern untuk pesta.

  1. Kebaya Kartini

Ya, jenis kebaya ini terinspirasi dari sosok pejuang emansipasi perempuan, R. A. Kartini. Pada pakaian ini, Anda bakal mendapati potongan yang menyerupai model kebaya menyerupai encim. Bedanya, kebaya Kartini mempunyai lipatan yang tak sama di bagian dada. Sebagian besar kebaya Kartini didesain dalam warna putih, tetapi ada pula yang sudah dimodifikasi dengan brokat.

Memilih jenis kebaya berdasarkan bentuk tubuh

Setelah mengenal jenis-jenis kebaya, mari kita lanjutkan dengan pemilihan berdasarkan bentuk tubuh. Hal ini penting dilakukan, terutama saat Anda berencana merancang kebaya modern untuk perpisahan sekolah atau buat kepentingan lainnya. Selain itu, Anda bakal nyaman selama memakai kebaya dalam jangka waktu yang lama.

  • Kebaya buat tubuh mungil

Anda yang bertubuh mungil dapat mengakali desain kebaya dengan menambahkan detail di bahu dan pinggul. Model kebaya yang direkomendasikan pun adalah yang pas di tubuh. Kemudian, pilih atau rancang kebaya dengan kerah tertutup. Hindari menggunakan aksesoris berlebihan di bagian leher dan blus yang terlalu panjang.

  • Kebaya buat tubuh lurus/boyish

Untuk memberikan efek siluet pada bentuk tubuh ini, tambahkan detail pada bagian pinggang atau pinggul. Aksesori seperti obi atau ikat pinggang pun bakal menciptakan model kebaya modern yang membuat tubuh Anda terlihat makin proposional. Sebisa mungkin jangan pakai kebaya longgar dengan detail di leher karena akan membuat bagian tersebut semakin lebar.

  • Kebaya buat tubuh gemuk

Punya bentuk tubuh gemuk? Anda bisa menyiasatinya dengan menentukan dulu bagian tubuh mana yang ingin ditutupi. Jika pengin menyamarkan bentuk lengan, pilih model kebaya minim detail. Kalau perut adalah bagian yang mau ditutupi, kenakan ikat pinggang. Selain itu, pilih kebaya warna gelap yang bakal memberi kesan langsing pada tubuh Anda.

  • Kebaya untuk dada lebar/besar

Perempuan dengan dada lebar atau besar kerap kesulitan mencari kebaya brokat modern yang nyaman dipakai. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan kebaya agak longgar dengan aksen di dada sebagai penutup. Jauhi kebaya yang polanya terlalu banyak, karena akan membuat dada tampak makin ‘penuh’. Jangan lupa memakai bustier, ya!

Semoga informasi ini membantu Anda menemukan model kebaya yang tepat, ya!

Leave a Comment